Pantai Kondang Merak

Pantai Kondang Merak dan Sejarahnya

Pantai Kondang Merak adalah sebuah pantai di pesisir selatan yang terletak di tepi Samudera Indonesia yang secara administratif berada di Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Untuk menjangkau Pantai Kondang Merak, Anda bisa mengikuti jalan menuju Pantai Balekambang. Setelah keluar dari perkebunan tebu ada sebuah perempatan, lalu ambil arah ke kanan. Jika lurus akan menuju Balekambang sedangkan bila berbelok ke kiri akan menuju Pantai Bajulmati. Dari perempatan itu masih sekitar 4 km lagi menuju Pantai Kondang Merak dan bisa ditempuh dalam 10 menit. Namun karena kondisi jalan yang rusak minimal waktu yang ditempuh sekitar 30 menit.

Nama kondang merak itu karena pantai ini memiliki kondang. Kondang adalah muara yang merupakan pertemuan air tawar dan laut, kondang tersebut dahulu dihuni banyak burung Merak jadi dinamakanlah Kondang Merak. Namun dengan sejarah pantai ini yang dahulunya banyak dihuni oleh spesies burung merak bukan berarti anda bisa menjumpai spesies burung dengan ekor menawan itu di Pantai Kondang Merak, sebab pada sekitar tahun 1980an, spesies burung merak yang dulunya banyak menghuni pantai ini telah mulai hilang (mengalami kepunahan) akibat maraknya aksi penangkapan liar terhadap burung merak di pantai ini.

Keindahan Pantai Kondang Merak

Selain menawarkan keindahan di daratnya , pantai kondang merak ini juga menawarkan pesona bawah lautnya yang sangat mempesona. Di pantai ini terdapat terumbu karang yang hidup serta satwa laut yang beraneka ragam, mulai dari bermacam-macam spesies ikan, bulu babi, kerang, gurita laut, landak laut dan masih banyak lagi. Jadi pantai ini sangat cocok untuk melakukan kegiatan snorkling menikmati indahnya bawah laut. Pantai ini sangat aman untuk berenang karena ombaknya relatif lebih tenang akibat pecahnya ombak di tengah pantai karena terdapat karang besar yang menghalangi ombak datang ke bibir pantai. Namun di pagi hari saat ombak pasang, Anda juga harus selalu waspada karena bisa-bisa ombak besar sampai ke ujung bibir pantai. Patuhilah aturan penjaga laut di sana demi keselamatan kita semua.

Gelombang di pantai Kondang Merak juga tidak terlalu besar karena terpecah dengan keberadaan batu karang menjulang yang berjajar di radius sekitar 200 meter dari bibir pantai. Ada sekitar lima titik batu karang yang menjadi pemecah ombak. Karang yang menghiasi sekeliling Pantai Kondang Merak menambah keindahan pantai ini. Karena gelombangnya yang sudah terpecah itulah, pantai Kondang Merak ini menjadi tempat singgah para nelayan. Pantai ini menjadi terminal perahu nelayan bermesin tunggal. Di pinggir pantai, transaksi jual beli ikan hasil tangkapan nelayan pun berlangsung. Beragam jenis ikan yang menjadi tangkapan nelayan antara lain tuna, kakap dan gurita. Para nelayan pun juga mendirikan perkampungan nelayan yang membuat selalu hidup siang atau malam. Pantai ini nyaris tak pernah sepi.

Di pantai Kondang Merak ini Anda bisa merasakan beragam kuliner unik yang nyaris tidak ada di tempat lain. Di sekitar pantai banyak warung makan yang menyediakan ikan segar. Salah satunya yang menjadi andalan adalah sate tuna. Selain sajian sate tuna, di sepanjang bibir pantai juga tersedia beragam menu dengan bahan dasar ikan laut di antaranya gurita asem manis, kuah pedas kepala ikan laut, gurita saus tiram, dan fish kebab. Jadi, wisatawan bisa menikmati hidangan sambil menikmati pemandangan yang indah dari pantai. Sebelum pulang sempatkan untuk membeli ikan tuna sirip kuning hasil tangkapan nelayan sebagai oleh-oleh.

Area pantai sangat luas dan rimbun  karena dikelilingi oleh banyak pohon besar dan hijau. Dari loket, akan terlihat rumah-rumah warga sekitar yang kebanyakan adalah nelayan pantai selatan. Ada juga banyak rumah warga yang dijadikan toilet umum. Pantai Kondang Merak memiliki pasir yang berwarna putih sedikit kecokelatan. Garis pantainya juga cukup panjang, yaitu mencapai 800 meter. Hal inilah yang menyebabkan pantai ini terlihat luas dan lebih sepi, walau wisatawan mungkin sedang ramai. Dari pantai ini, akan bisa dilihat pantai-pantai Malang Selatan lain yang berada di seberangnya, seperti Goa Cina, Bajul Mati, dan pantai lainnya. Pantai ini juga memiliki terumbu karang yang mempesona. Ada beberapa pulau karang yang berada di dekat bibir pantai.

Walau pantai ini bukan pantai yang pas untuk menikmati pemandangan matahari terbit atau matahari terbenam, namun jika berkunjung pada bulan yang tepat, wisatawan bisa mendapatkan pemandangan matahari terbit atau terbenam di sisi samping pantai. Keuntungan jika Anda tiba sebelum gelap adalah momen sunset. Sunset di Kondang Merak tak kalah cantik dengan pantai lain. Pasirnya yang berwarna terang, serta dikelilingi banyak pohon dan bukit karang, adalah pilihan yang ditawarkan alam untuk bisa direkam. Dan tentu saja pemandangan tersebut sangat menarik untuk diabadikan.

Senja di pantai Kondang Merak - Sequelindo
Sunset di Kondang Merak

Keanekaragaman hayati di pantai ini bisa dilihat dari banyaknya kerang yang mewarnai alam bawah lautnya. Di pinggir pantai bahkan wisatawan sering menemukan binatang laut yang terdampar, seperti landak laut, gurita, lobster, mentimun laut, dan masih banyak lagi. Hal itu menandakan bahwa pantai ini masih sangat alami dan kaya akan kehidupan bawah laut. Tidak seperti pantai Malang Selatan lainnya yang memiliki ombak sangat besar, pantai ini memiliki gelombang yang cukup tenang. Sehingga wisatawan bisa bebas bermain air. Namun sebaiknya tetap berhati-hati, karena wisatawan tidak tahu kapan ombak yang besar akan datang.

Karena tergolong pantai wisata yang memang belum seramai Sendang Biru maupun Balekambang, Kondang Merak menawarkan suasana yang lebih nyaman jika Anda ingin melihat suasana sunrise dengan siluet karang-karang besar dan bibir pantai yang menjauh karena surut. Tentunya dengan berkemah terlebih dahulu di kawasan ini.

Liburan di pantai Kondang Merak - Sequelindo
Liburan di pantai Kondang Merak

Ketika musim hujan, pengunjung yang ingin menginap disarankan untuk tiba sebelum gelap. Dikarenakan akses jalan yang tidak mudah (berbatu dan tanah liat) harus ditempuh sekitar 4 Km mulai dari perempatan rest area sebelum masuk kawasan Balekambang. Dari jalan utama Bantur, arah kiri yang masih berupa jalan tanah adalah akses lintas selatan menuju kawasan Sendang Biru. Di arah yang sama, sekitar 3 Km dari rest area terdapat pantai yang juga digunakan sebagai lokasi wisata religi, Pantai Nganteb. Arah kanan rest area adalah akses menuju Pantai Kondang Merak dengan jalan yang bisa dilalui kendaraan roda 4, namun bukan untuk jenis sedan.

Selain itu, Ngalamers juga akan bisa melihat perjuangan para penduduk yang mencari ikan secara manual. Ketika terang bulan, menjelang pukul 3 pagi air laut mulai surut hingga beberapa ratus meter ke arah laut, saat inilah suasana pantai akan penuh dengan cahaya lampu dari para pencari ikan yang berjalan kaki.

Memang saat ini kondisi terumbu karang di bibir pantai Kondang Merak dalam kondisi rusak, hal ini terlihat jelas ketika surut. Tumpukan puing-puing terumbu karang teronggok dalam volume yang cukup besar di sepanjang pantai, termasuk hamparan tumbuhan laut dalam jumlah besar yang menghitam di atas pasir. Pemandangan seperti ini kian banyak ditemukan di banyak pantai di Malang Selatan. Pengunjung yang berfoto dengan memanfaatkan momen air surut, disarankan untuk tidak terlalu jauh ke arah laut atau naik ke atas batu karang. Selain tumpukan karang yang cukup tajam, air juga bisa pasang sewaktu-waktu.

Menjelang siang, kawasan Kondang Merak akan dipenuhi banyak pengunjung, terutama di hari Minggu. Sebelum menjelajah Pantai Kondang Merak yang cukup luas, sempatkan icip kuliner khas sate gurita yang tersedia di warung kawasan pantai. Tentunya Anda harus memesannya terlebih dahulu.

Pantai Kondang Merak Salah satu keunggulan kawasan pesisir Malang Selatan adalah deretan pantainya yang banyak memberi pilihan, baik dari segi jumlah maupun suasana yang diinginkan pengunjung.

Meski belum ada listrik dari PLN, namun banyak warung dan fasilitas kamar mandi yang sudah disediakan warga, termasuk banyaknya tempat sampah, hal yang harusnya mudah ditemukan di kawasan wisata pantai. Di ujung timur pantai juga terdapat perkampungan nelayan. Jika pengunjung ingin membuat api unggun, warga juga menyediakan kayu bakar yang dihargai sekitar Rp.15.000,-

Akses Ke Pantai Kondang Merak

Pertigaan menuju pantai Kondang Merak - Sequelindo
Kiri ke Sendang Biru. Lurus ke Balekambang. Ambil yang kanan ya!
Jalan masuk pantai Kondang Merak - Sequelindo
Jalan makadam ke arah Kondang Merak

Rute dan jalur akses untuk sampai di pantai ini ada 2 jalur:

  • Jalur 1 : Malang Kota – Kepanjen – Pagak – Bantur – Kondang Merak
  • Jalur 2 : Terminal Arjosari – Turen – Gondang legi – Bantur – Kondang merak

Fasilitas

  • Lahan Parkir
  • Rumah Makan
  • Mushola
  • Penginapan
  • Toilet Umum
  • dll

Harga Tiket Masuk Rp 10.000,- dan Parkir Rp 5.000,-

Tips wisata ke pantai Kondang Merak:

  1. Pastikan kondisi cuaca baik sebelum berwisata karena jalan yang terjal cukup sulit ketika musim hujan
  2. Air yang tenang cocok untuk berenang, jadi jangan lupa membawa pakaian ganti dan peralatan mandi
  3. Jika bermalam, banyak serangga kecil yang jika menggigit di kulit akan merah dan gatal. Lotion nyamuk maupun minyak tidak akan berfungsi jadi lebih baik tidur di dalam tenda dan menutup rapat tubuh.
  4. Meski banyak kamar mandi umum, air bersih di kamar mandi umum tidak memiliki stok banyak, waspadai jika banyak wisatawan yang bermalam disana dan lebih baik mandi pagi-pagi sebelum air habis.

Sudah pengen ke pantai Kondang Merak!? Ayo berangkat bersama kami. Hubungi 081 333 660 501 (Telp, SMS, WhatsApp) untuk informasi lebih lanjut. Jangan lupa untuk selalu mengunjungi blog, instagram dan facebook kami.

 

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *